5-tips-memilih-rangkaian-bunga-untuk-acara-wisudaWisuda merupakan sebuah momen yang sangat berharga, saat seorang mahasiswa sudah berhasil menyelesaikan jenjang studi, selesai berkutat dengan tugas akhir yang seringkali terhambat berbagai masalah, serta momen dimana orang tua menjadi sangat bangga akan keberhasilan anaknya menyelesaikan segala tantangan.

Memasuki kehidupan baru sebagai fresh graduate, tentunya akan lebih meriah dan berwarna dengan rangkaian bunga yang menyejukkan mata. Untuk Anda yang sedang mencari ide rangkaian bunga bagi teman, sahabat, kerabat, atau orang terkasih, ada baiknya untuk memerhatikan terlebih dahulu tips-tips berikut :

  • Teliti Saat Memilih Bunga yang Akan Dirangkai

Jika Anda menginginkan hasil yang terbaik, ada baiknya untuk memilih sendiri dari bunga satuan hingga menjadi rangkaian bunga. Pilihlah bunga yang masih segar dengan keharuman alami, tidak memiliki bercak-bercak hitam atau cacat di bagian mahkotanya.

Dengan memilih satu per satu bunga yang akan dirangkai, Anda dapat memastikan kesegaran bunga tersebut. Anda juga bisa memilih bunga yang sesuai dengan makna yang ingin Anda sampaikan kepada para wisudawan.

  • Pilih Rangkaian Bunga Sesuai Warna Favorit Wisudawan

Di hari yang spesial bagi para wisudawan, tentunya rangkaian bunga dengan warna yang sesuai dengan warna favorit akan lebih menambah kebahagiaan. Kombinasikan beberapa bunga yang memiliki warna netral dengan warna favorit wisudawan. Beberapa contoh bunga dengan warna tertentu berikut mungkin juga dapat menjadi panduan bagi Anda.

  1. Merah : Mawar Merah, Gerbera, Krisan (chrysanthemum), Lily Sumatera, Jengger Ayam (Celosa), Dahlia, Anthurium.
  2. Kuning : Mawar Kuning, Bunga Matahari, Calla Lily (Zantedeschia), Terong susu (Solanum), Anggrek Bulan Mini, Carnation.
  3. Biru : Hydrangea, Mawar Biru (biasanya dengan pewarna buatan), Krisan, Anggrek Dendrobium, Aster.
  4. Oranye : Mawar Oranye, Anyelr, Aster Oranye.
  5. Merah Muda dan Ungu : Mawar, Aster Mini (Dendranthema), Anggrek, Anthurium Ungu.

Sementara untuk memadukannya, Anda dapat memilih warna bunga putih sebagai bunga yang netral, seperti pada bunga Sedap Malam dengan wanginya yang khas, bunga Baby Breath (Gysophila) dengan ratusan bunga berukuran kecilnya yang cantik, atau Daisy yang sederhana namun tetap menawan.

  • Pilih Bunga dengan Warna Cerah dan Tegas

Jika Anda tidak begitu mengerti warna yang disukai para wisudawan, pilih saja rangkaian bunga yang warnanya cerah. Seperti misalnya bunga warna kuning dengan makna kesuksesan di masa yang akan mendatang, yang dapat digabungkan dengan bunga berwarna hijau sebagai perlambang keberuntungan serta awal yang baru.

  • Pilih Sesuai Warna Toga Almamater

Kebanyakan warna jas toga almamater memang hitam, yang artinya cocok dipadukan dengan segala jenis warna bunga. Namun, ada pula beberapa universitas yang memiliki toga berwarna cerah seperti merah dan biru.

Rangkaian bunga berwarna kuning tentunya akan lebih menyala saat dipadukan dengan toga yang berwarna merah atau biru. Hindari rangkaian bunga yang berwarna sama dengan warna toga karena nantinya akan terasa monoton dan kurang begitu terlihat rangkaian bunganya.

Akan lebih baik jika warna bunga yang diberikan merupakan warna komplementer dari toga almamater . Warna komplementer adalah warna yang berkesan saling berlawanan sehingga membuat efek yang bagus.

  • When In Doubt, Choose Roses

Jika Anda juga tidak tahu apa warna toga almamater, maka pilih saja bunga mawar yang memang cocok diberikan dalam suasana merayakan kebahagiaan. Untuk para wisudawan pria, ada baiknya untuk memilih rangkaian bunga mawar berwarna putih netral, sedangkan untuk para wanita Anda bisa bebas memilih rangkaian bunga mawar yang kira-kira warnanya sesuai dengan kepribadian wisudawati.

Itulah tadi 5 tips memilih rangkaian bunga sehingga Anda bisa ikut merayakan kebahagiaan para wisudawan dan wisudawati. Sudah mulai punya ide mau memberikan rangkaian bunga apa?

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *