Bunga papan umumnya dikirimkan kepada kerabat atau kolega untuk menyampaikan ucapan selamat atas pencapaian sesuatu atau ucapan turut berdukacita atas sebuah peristiwa. Rangkaian bunga papan tersedia dalam berbagai ukuran serta tampilan yang disesuaikan dengan tema bunga papan tersebut. Biasanya bunga papan dipesan atau dibeli di toko-toko bunga yang selanjutnya akan dikirimkan ke alamat tujuan sehingga Anda tidak perlu mengirimnya sendiri.

Proses membuat sebuah rangkaian bunga papan sebenarnya tidak terlalu sulit hanya sedikit merepotkan. Sehingga sebagian besar orang lebih memilih membeli langsung karena alasan praktis dan menghemat waktu. Namun, jika Anda ingin belajar membuat rangkaian bunga papan sendiri, Anda dapat menggunakan cara-cara sederhana seperti berikut ini.

Bahan yang diperlukan

Pertama-tama dalam membuat rangkaian bunga papan, Anda membutuhkan persiapan bahan untuk menyusun rangkaiannya. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain adalah :

  • Bunga-bunga segar

  • Daun segar

  • Kayu atau bambu berbentuk persegi panjang untuk digunakan sebagai rangka papan dengan ukuran yang ditentukan

  • Kayu atau bambu yang digunakan untuk kaki-kaki papan

  • Sterofoam berbentuk papan sesuai dengan ukuran bunga papan yang ingin dibuat

  • Cat untuk sterofoam atau kain beludru sebagai pelapisnya

  • Jarum pentul atau paku untuk menempelkan bunga ke sterofoam

Setelah seluruh bahan telah siap, selanjutnya adalah tahap membuat rangkaian bunga papan.

Tahap pembuatan rangkaian bunga papan

Sebelum mulai merangkai, terlebih dahulu kita harus menentukan tema bunga yang akan kita buat. Apakah rangkaian bunga papan tersebut untuk ucapan selamat atau untuk ucapan turut berdukacita. Hal ini disebabkan tema rangkaian akan turut menentukan jenis bunga, komposisi warna dan jenis tulisan.

Rangkaian bunga papan ucapan selamat pasti berbeda dengan ucapan turut berdukacita. Bunga papan ucapan selamat memiliki komposisi warna yang lebih ceria dan didominasi dengan warna-warna seperti merah, pink dan oranye. Berbeda dengan bunga papan ucapan turut berdukacita yang lebih suram dan didominasi warna putih, hitam, biru, ungu dan kuning.

Setelah Anda menentukan tema rangkaian bunga papan, sekarang saatnya mulai merangkai.

  1. Siapkan beberapa kayu atau bambu yang dibentuk persegi panjang sebagai rangka papan dengan ukuran yang ditentukan. Ikat kayu atau bambu tersebut menggunakan kawat pada sisi-sisinya.

  2. Siapkan sterofoam yang telah dibentuk persegi, dan pasangkan pada rangka papan dari kayu atau bamboo tadi. Ikat sterofoam menggunakan kawat agar lebih kuat.

  3. Lapisi permukaan sterofoam menggunakan cat dengan berbagai paduan warna sesuai tema rangkaian. Atau jika menggunakan kain beludru, pasanglah kain beludru menutupi sterofoam tadi.

  4. Hiasi tepi sterofoam dengan ornamen-ornamen unik. Ornamen dapat dibuat dari sterofoam yang dipotong-potong sesuai bentuk yang diinginkan, kemudian di cat dan dilekatkan di pinggiran sterofoam persegi tadi sehingga membentuk sebuah bingkai.

  5. Setelah sterofoam siap digunakan, rangkai bunga diatas sterofoam dengan membentuk pola-pola tertentu. Misalnya membentuk nama orang, inisial, bentuk hati atau bentuk-bentuk lain sesuai kreativitas. Tempelkan bunga dan daun yang ditentukan dengan jarum pentul atau paku sedemikian rupa sehingga membentuk rangkaian bunga papan yang menarik.

  6. Selanjutnya, buatlah kaki-kaki untuk bunga papan menggunakan kayu atau bambu sebagai tempat meletakkan rangkaian bunga papan yang sudah jadi.

  7. Bunga papan yang cantik sudah selesai dan siap untuk dikirim.

Demikian cara sederhana membuat rangkaian bunga papan yang dapat Anda contoh. Diperlukan kreativitas dan ketelatenan untuk membuat rangkaian menjadi karya seni yang menarik. Tidak terlalu sulit, kan?

Selamat mencoba.

ARTIKEL TERKAIT