bunga tulip murah jakartaRangkaian bunga tulip merupakan salah satu rangkaian favorit banyak orang. Selain memiliki bentuk yang khas, bunga tulip juga memiliki berbagai makna berdasarkan warna bunganya. Bunga tulip umumnya berwarna merah, putih, kuning, oranye, ungu dan merah muda.

Secara keseluruhan, bunga tulip berarti persahabatan dan kebahagiaan. Sehingga jika Anda mengirimkan bunga tulip kepada teman atau keluarga, berarti pula Anda mengirimkan pesan persahabatan. Tetapi tahukah Anda ternyata dibalik keindahannya, bunga tulip menyimpan fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui orang. Berikut ini fakta menarik tentang bunga tulip yang Anda harus tahu.

  1. Bunga tulip dikenal sebagai bunga nasional negara kincir angin atau Belanda. Meskipun demikian, ternyata bunga tulip sebenarnya berasal dari Asia Tengah termasuk negara Turki. Tulip tumbuh subur di Asia Tengah tepatnya di kawasan pegunungan Pamir dan Hindu Kush serta stepa di Kazakhstan.
  1. Bukan hanya bunga nasional negara Belanda, tulip juga merupakan bunga nasional negara Iran dan Turki.
  1. Nama tulip berasal dari bahasa Persia yaitu delband, yang artinya adalah turban. Hal ini disebabkan bentuk mahkota bunganya menyerupai turban. Bunga tulip sendiri awalnya adalah bunga liar di daratan Asia Tengah, kemudian mulai dibudidayakan oleh Turki sekitar tahun 1000 Masehi. Masyarakat Turki menyebut bunga tulip dengan sebutan “lale” atau lili.
  1. Bunga tulip mulai diperkenalkan di Eropa pada tahun 1554 melalui hadiah dari Ottoman Empire.
  1. Bunga tulip dikenal di Belanda pada tahun 1594, ketika seorang ahli botani yang bernama Carolus Clusius mendapatkan hadiah berupa beberapa potong umbi-umbian tulip oleh duta besar Konstantinopel yaitu Oghier Ghislain de Busbecq.
  1. Sekitar tahun 1600, bunga tulip sempat menjadi bunga yang paling banyak dicari di negeri Belanda.
  1. Ternyata pada tahun 1696, popularitas bunga tulip semakin meningkat, sehingga menjadi barang keempat terbanyak yang diekspor oleh Belanda.
  1. Fakta menarik tentang bunga tulip yang satu ini cukup fantastis. Bayangkan saja, bunga tulip bahkan pernah menjadi bunga termahal di dunia, harganya pun bisa sekelas rumah mewah!
  1. Saat ini ada sekitar 3000 varietas bunga tulip di seluruh dunia dengan 14 kelompok nama.
  1. Ada beberapa bunga tulip yang memiliki aroma seperti namanya, misalkan apricot beauty yang beraroma mirip buah apricot.
  1. Bunga tulip baru dikenal di Amerika Serikat pada akhir tahun 1800-an.
  1. Bunga tulip ternyata dapat dimakan! Bunga tulip kerap dijadikan campuran dalam salad atau makanan penutup.
  1. Festival tulip diadakan di beberapa negara setiap tahunnya, seperti di Utah, Kanada, serta Belanda.

Dengan berbagai fakta menarik tentang bunga tulip tersebut, tidak terlalu mengherankan bila popularitas tulip tetap bertahan hingga sekarang. Warna warni indah dari varietasnya yang beraneka ragam memungkinkan penggunaan tulip dalam berbagai kesempatan. Tulip dapat dirangkai menjadi bunga potong atau ditanam dalam pot. Bagi pecinta bunga, pemberian hadiah berupa bunga tulip sungguh menyenangkan dalam nuansa keindahan dan kesederhanaannya.

Demikian fakta menarik tentang bunga tulip, semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta bunga.

ARTIKEL TERKAIT