Kiat Sukses Bisnis Toko Bunga Online

memberi bungaMemberikan rangkaian bunga seakan menjadi sebuah tradisi yang tak pernah surut. Sebagaimana seorang wanita yang merasa sangat bahagia jika diberikan bunga oleh pasangannya. Begitu juga dalam berbagai acara, bunga selalu menjadi hiasan yang tak pernah ditinggalkan. Untuk memberikan ucapan selamat, bunga masih menjadi pilihan utama bagi sebagian besar orang. Jadi asalkan mampu menarik perhatian dengan bunga rangkaian Anda, pangsa pasar bisnis toko bunga masih terbuka luas.

Sisi menarik bisnis ini adalah, merangkai bunga dapat diawali dari sebuah hobi. Jika Anda memang hobi merangkai bunga, mengapa tidak menjadikannya sebuah bisnis? Anda tidak serta merta memerlukan biaya untuk menggaji karyawan. Merangkai bunga dapat dilakukan sendiri, dengan memanfaatkan rumah sendiri sebagai tempat usaha, sehingga bebas biaya sewa.

Kemudian, jika memang Anda tertarik membuka bisnis toko bunga, manfaatkan juga sistem online. Toko bunga online menjadi pilihan bagi banyak orang yang memiliki keterbatasan waktu untuk pergi ke toko bunga. Cukup dengan membuka situs toko bunga online milik Anda, memilih rangkaian bunga dan menelepon, mereka akan mendapatkan kiriman bunga yang diinginkan.

Terdengar cukup mudah memang, tetapi tidak semua bisnis online dapat menjamin sebuah kesuksesan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan apabila berniat membuka toko bunga online, yaitu :

  1. Website yang informatif

Semua bisnis membutuhkan modal untuk memulai usahanya. Jika modal Anda minim, Anda bisa memanfaatkan website gratis yang menawarkan fitur gratis untuk berjualan. Dengan ini, Anda pun dapat menghemat modal. Selain itu, website gratis juga dapat Anda manfaatkan untuk menganalisa pangsa pasar dalam mengetahui tingkat penjualan Anda. Yang terpenting adalah website tersebut harus informatif, mudah diakses dan memiliki tampilan menarik.

  1. Uji tingkat penjualan

Keuntungan bisnis online adalah waktunya yang fleksibel. Dengan menjalankan toko bunga online, Anda memiliki banyak waktu untuk mengubah tampilan, memperbaiki desain, mengubah teks dalam website dan membuat penawaran-penawaran khusus di dalamnya. Lakukan hal tersebut secara rutin hingga menemukan kunci kesuksesan Anda sendiri.

Ukurlah respon pelanggan minimal sebulan sekali. Hal ini sangat berguna dalam menentukan minat masyarakat terhadap produk bunga Anda termasuk menilai seberapa jauh keuntungan yang didapat. Toko bunga online Anda bukanlah satu-satunya, jadi pastikan ada sesuatu yang unik dan menarik di dalamnya untuk merebut perhatian pelanggan.

  1. Penjualan delapan detik

Apa maksud penjualan delapan detik? Menurut Vered Avrahami dalam artikel terkenalnya yang berjudul 6 Tips For Building a Business Online, setiap orang rata-rata bertahan hanya delapan detik saja untuk melihat sebuah website. Sehingga, agar penjualan dalam toko bunga online Anda meningkat, sebaiknya tempatkan konten produk jualan di bagian depan. Pastikan agar tampilannya cukup menarik dan informatif sehingga memudahkan pengunjung website dalam melakukan navigasi.

  1. Promosi cerdas dengan media sosial

Facebook, twitter dan lain-lain merupakan sarana yang umum digunakan untuk berpromosi. Tetapi, Anda harus melakukannya secara cerdas dengan memilah-milah mana klien yang potensial dan mana teman biasa. Sebaiknya Anda menggunakan media sosial khusus untuk para klien, sehingga promosi produk toko bunga online Anda tidak dianggap “sampah”, dan klien juga merasa lebih dihargai.

  1. Perluas jaringan hingga ke luar negeri

Untuk dapat menarik perhatian konsumen asing, sebaiknya toko bunga online Anda juga dilengkapi dengan bahasa inggris. Anda dapat menggunakan fitur dua bahasa sehingga dapat membuka kesempatan bagi orang asing yang ingin mengirimkan rangkaian bunga pada koleganya di Indonesia.

Membangun sebuah toko bunga online memang solusi yang tepat di jaman yang serba sibuk ini. Asalkan website dikelola dengan baik, fitur yang informatif dan mudah diakses, toko bunga online Anda lambat laun pasti akan menuai kesuksesan.

ARTIKEL TERKAIT