Makna Bunga Peony Dan Fakta Menariknya

Makna Bunga Peony Dan Fakta Menariknya

Seni bunga tangan jepangTahukah kamu seni bunga tangan Jepang? Pastinya para pecinta seni merangkai bunga tidak asing dengan seni budaya negeri Sakura ini, Oshibana namanya. Oshibana adalah seni merangkai bunga dengan metode mengeringkan bunga atau daun tanpa menghilangkan warna aslinya dengan proses penekanan. Oshibana berasal dari kata oshi (tekan) dan hana / bana (bunga).

Untuk mengeringkan bunga, hanya memerlukan alat yang cukup sederhana, yaitu kertas buram, kertas roti, busa tipis, dan plastik. Cara pengerjaannya cukup mudah, siapkan 10 lembar kertas buram, letakkan selembar busa tipis di atasnya. Siapkan kertas roti dengan ukuran 2 kali lipat dari kertas buram, lipat menjadi dua dan taruh di atas busa. Susun bunga yang akan di press di dalam kertas roti, beri jarak. Kemudian letakkan 10 kertas buram lagi di atas kertas roti tersebut. Setelah selesai, masukkan ke dalam plastik, tekan dengan pemberat semalaman. Lakukan langkah tersebut berulang kali selama sepuluh hari.

Semakin besar kandungan air dalam tumbuhan, maka proses pengeringan akan semakin lama. Agar proses pengeringan bunga sempurna, paling tidak diperlukan waktu antara 5 (lima) sampai 10 (sepuluh) hari. Bukan hanya kelopak bunga saja yang kita gunakan, batang hingga daunnya pun bisa dimanfaatkan. Keunggulan teknik pada Oshibana merupakan kesempurnaannya dalam mempertahankan warna asli bunga, sehingga produk yang dibuat lebih cantik.

Oshibana biasanya disukai kalangan wanita karena kegiatan seni menghias bunga ini dapat dijadikan kegiatan di waktu kosong atau senggang. Di Indonesia, Oshibana awalnya tidak begitu populer, tetapi semakin berjalannya waktu banyak yang mulai berminat dengan seni yang berasal dari Jepang ini.

Kreasi Oshibana tidak terbatas pada bunga, tangkai, atau dedaunan yang dirangkai saja, tetapi juga dapat menghasilkan kreasi lain seperti pengabungan teknik antara merangkai dan melukis sehingga menghasilkan lukisan. Selain itu kita juga dapat membuat kalung, jepit rambut, pembatas buku, atau penghias perabotan rumah yang unik.

Indonesia merupakan padang bunga dengan berbagai jenis bunga dan tekstur yang khas. Ketika memilih bunga, batang, serta tangkainya, pilih yang memiliki sedikit kandungan air seperti mawar, bougenville, baby’s breath, suplir, gerbera, aster, serta daun ketapang. Petik pada saat cuaca cerah, waktu siang atau sore hari. Jangan memetik bunga atau daun setelah hujan atau saat ada embun dipagi hari.

Mempelajari teknik merangkai bunga Oshibana sebenarnya sangat mudah, tetapi kamu harus telaten dan sabar. Selain wanita, Oshibana dapat ditujukan untuk semua kalangan baik anak kecil, remaja, dewasa, maupun orang tua. Bagi anak – anak  atau remaja dapat digunakan sebagai sarana pendidikan / edukasi. Sedangkan untuk orang dewasa dapat digunakan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Sementara untuk orang tua, kerajinan ini menjadi sarana yang menyenangkan untuk merelaksasi pikiran serta melatih keterampilan tangan yang secara tidak langsung menghindarkan rasa bosan di masa senja mereka.