Seni Merangkai Bunga

Berbagai Macam Manfaat Dan Kegunaan Bunga Bagi Tubuh

Tokobungaindo.Com –  Bunga yang kita kenal dengan berbagai macam jenis, warna dan memiliki keindahan tersendiri sebenarnya juga memiliki berbagai manfaat positif bagi tubuh kita. Tidak hanya sekedar pelengkap sebuah acara, maupun sebagai aksesoris bunga juga memiliki berbagai macam kegunaan. Misalnya saja ketika kita berusaha merangkai bunga, sebenarnya kita juga sedang melatih otak kita. Menurut berbagai sumber penelitian, kegiatan merangkai bunga dapat meningkatkan kinerja otak dengan cara observasi, juga dapat menghilangkan stress, karena otak kita akan dilatih untuk berfikir lebih kreatif ketika kita sedang merangkai bunga dan proses ini akan mengurangi tingkat stress, dan aroma khas dari bunga tentunya dapat membuat kita lebih rileks. Merangkai bunga juga dapat melatih pergerakan otot – otot sensorik dan motorik. Berikut beberapa manfaat bunga bagi kesehatan tubuh:

  • Bunga sebagai obat stress. Seperti yang telah kita bahas diatas bahwasanya bunga adalah salah satu alternatif untuk menghilangkan stress. Beberapa jenis bunga dapat mengurangi tingkat stress dan kejenuhan hanya dengan aromanya, misalnya saja lavender, mungkin kita pernah mendengar maupun pernah mencium aroma dari bunga lavender, menyegarkan bukan? Seperti halnya lavender, bunga kembang sepatu juga bisa berkhasiat untuk penyegaran, taukah kamu kalau bunga ini biasanya ditambahkan sebagai campuran teh untuk merileksasikan tubuh. Bunga lain yang memiliki efek yang sama adalah bunga chamomile. Efek baik yang diberikan bunga chamomile adalah efek penenang yang sama dengan bunga kembang sepatu dan digunakan juga sebagai campuran teh.
  • Bunga sebagai pencegah berbagai penyakit berbahaya. Siapa yang tak mengenal penyakit – penyakit berbahaya yang sering menggerogoti tubuh kita, penyakit jantung, diabetes maupun kanker adalah beberapa contoh penyakit mematikan yang tentunya bisa dicegah dengan berbagai jenis bunga. Mawar adalah salah satu bunga yang biasanya dipakai dalam pengobatan cina untuk mencegah penyakit mematikan seperti penyakit jantung, bunga ini diyakini memiliki khasiat anti inflamasi. Bunga jasmine juga memiliki sifat anti virus dan karsinogenik, bunga ini biasanya dicampurkan sebagai bahan campuran salad dan tentunya bermanfaat mencegah penyakit berbahaya. Bunga krisan juga dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit jantung, bunga ini biasanya dicampurkan dalam minuman anggur maupun minuman teh.
  • Bunga sebagai pelancar pencernaan. Ya, sebenarnya keluhan tentang sulitnya buang air besar ataupun ketidakteraturan buang air besar dapat kita atasi dengan mengkonsumsi bunga. Taukah kamu bahwa bunga pepaya kaya akan senyawa tanin yang berfungsi untuk membantu penyerapan dan pelancaran dalam proses pencernaan? Bunga pepaya memang tidak terlalu enak untuk dikonsumsi setelah dimasak, hanya saja bunga pepaya memiliki beragam khasiat bagi tubuh, dapat menambah nafsu makan misalnya dan bunga pepaya juga berkhasiat sebagai pencegah diabetes.

ARTIKEL TERKAIT

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *