rangkaian bunga duka jakarta

Bukan Cuma Kamboja, 6 Rangkaian Bunga ini Juga Akrab Dengan Ekspresi Duka

Tokobungaindo.Com – Ketika ada kerabat, teman atau keluarga yg meninggal tentunya kesedihan dan ucapan bela sungkawa akan mengalir kepada kerabat yang ditinggalkan. Suasana duka akan nampak dari dresscode warna serba hitam serta tentunya juga ada rangkaian bunga dukacita yang berjejer di area pemakaman. Ternyata bunga tidak hanya dapat mewakili bahasa cinta  tetapi simbol keindahan yang dimilikinya ternyata juga dapat mewakili ekspresi dari sebuah kedukaan.

Dari berbagai jenis bunga yang ada beberapa bunga duka dibawah ini identik dengan suasana pemakaman. Bunga-bunga tersebut biasa ditemui saat acara pemakaman. Bunga- bunga tersebut adalah:

  1. Lily Putih

Di eropa bunga inilah yang paling sering digunakan saat acara pemakaman. Di indonesia sendiri masyarakat lebih mengenalnya sebagai bunga bakung. Warna putih dan wanginya yang khas melambangkan rasa simpati kpada keluarga yang ditinggalkan. Hal ini tentunya dapat memberikan spirit agar keluarga yang ditinggalkan tidak berlarut dalam suasana duka.

 

  1. Kamboja

Mengapa tanaman ini selalu identik dengan pemakaman. Berdasarkan cerita masyarakat terdahulu bunga kamboja merupakan jelmaan seorang gadis. Kesedihan karena ditinggalkan kekasihnya menyebabkan sang gadis memutuskan untuk menemani dan menunggui pusara kekasihnya tersebut. Hingga sampai akhirnya sang gadis meninggal kmudian setelah itu tumbuhlah sebuah pohon kamboja di pusara sang gadis. Setiap hari bunga kamboja tersebut beguguran di atas pusara sang gadis. Itulah mengapa Bangsa Asia terutama indonesia menanam bunga kamboja di areal pemakaman. Kamboja yang biasa di tanam adalah kamboja jepang dengan ciri kelopak bunga putih dengan kombinasi warna kuning.

  1. Melati

Dengan bahasa latin cananga odorata merupakan tanaman berjenis pohon. Biasa digunakan sebagai bunga tabur saat ziarah ke pemakaman. Disamping sebagai penghias, menanam bunga ini dipekarangan rumah dipercaya dapat menangkal ilmu hitam.

  1. Kananga/Kenanga

Dengan bahasa latin  cananga odorata merupakan tanaman berjenis pohon. Biasa digunakan sebagai bunga tabur saat ziarah ke pemakaman. Disamping sebagai penghias, menanam bunga ini dipekarangan rumah dipercaya dapat menangkal ilmu hitam.

  1. Kantil

Disebut juga cempaka putih digunakan sebagai taburan di atas pusara pemakaman. Mitosnya bunga ini dipercaya memiliki unsur magis yang dapat memanggil arwah/roh dan biasa digunakan untuk ritual/upacara.

  1. Krisan

Beberapa negara Eropa menggunakannya sebagai ungkapan duka cita. Diberikan kebada keluarga mendiang dalam bentuk sajian teh dan bentuk buket.

  1. Marigold

Bangsa Meksiko menyebutnya sebagai cempasuchil yaitu bunga kematian yang kerap ditanam didekat nisan. Setiap tahunnya bunga ini dijadikan hiasan dalam perayaan kematian.

Itulah beberapa jenis bunga yang biasa hadir pada acara pemakaman. Apapun makna dan mitos yang menyertainya bunga tetaplah bunga. Pesona keindahan yang tersirat teryata mampu menyampaikan beragam ekspresi. Kesedihan karena ditinggalkan orang tercinta boleh saja namun jangan berlarut karna bagaimanapun yang hidup harus tetap melanjutkan hidupnya.

ARTIKEL TERKAIT

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *