Cara Membuat Rangkaian Bunga Mawar

Membeli rangkaian bunga mawar tentu adalah hal yang biasa dilakukan. Namun, terkadang ada sebagian orang yang ingin membuat rangkaian bunga mawar sendiri agar lebih unik dengan kreativitas yang dimiliki. Tak perlu menjadi ahli merangkai bunga, Anda hanya butuh ketekunan dan sedikit kreativitas untuk membuat rangkaian bunga mawar menjadi menawan. Meski mungkin terlihat kurang rapi, Anda toh patut berbangga karena mampu membuat sebuah rangkaian bunga bernilai seni.

Penasaran ingin mencoba membuat rangkaian mawar sendiri? Ikuti cara membuat rangkaian bunga mawar berikut ini yuk!

1. Memahami model dasar rangkaian bunga mawar

Sebelum membuat rangkaian bunga mawar, pertama-tama Anda harus paham dulu model dasar rangkaian. Ada model rangkaian bunga yang berbentuk bulat, ada juga diagonal, vertikal atau model lonjong. Ada juga model rangkaian segitiga, crescent, bulan sabit dan banyak lagi lainnya.

Anda harus dapat menentukan dulu bagaimana model dasar rangkaian sebelum membuat sebuah rangkaian bunga mawar yang cantik.

2. Bersihkan tangkai bunga mawar

Setelah memahami model dasar rangkaian, langkah selanjutnya adalah membersihkan tangkai bunga mawar. Sebagaimana yang kita tahu, tangkai bunga mawar penuh dengan duri tajam. Agar tidak melukai tangan dan untuk dapat merangkainya dengan nyaman, tentu Anda harus membersihkan duri-duri pada tangkai bunga mawar terlebih dahulu.

3. Potong tangkai bunga mawar

Langkah selanjutnya adalah memotong tangkai bunga mawar. Memotong tangkai penting dilakukan untuk menjaga kesegaran bunganya. Potonglah tangkai secara diagonal pada bagian pangkal daun miring ke bawah atau ke atas. Sebaiknya lakukan pemotongan tersebut dibawah aliran air yang lancar dan taruh bunga mawar yang telah dipotong dalam vas berisi air sesegera mungkin.

4. Mulai membuat rangkaian bunga mawar

Pilihlah 4 potong bunga mawar yang agak besar, jadikan itu sebagai pusat rangkaian bunga. Gunakan satu tangan untuk memegang erat-erat pusat rangkaian, sembari tangan yang lain menambahkan satu per satu bunga mawar yang akan dirangkai.

5. Ikat rangkaian bunga mawar

Untuk mengikat rangkaian bunga mawar, gunakan karet atau pita dengan perekat khusus untuk menjadikan satu rangkaian kuat sehingga posisi mawar tidak berubah. Lakukan langkah ke 4 dan ke 5 lagi, untuk membuat rangkaian yang berbeda. Usahakan memiliki 4 atau 5 ikatan mawar agar dapat merangkainya menjadi satu rangkaian besar.

6. Menggabungkan ikatan bunga

Langkah terakhir dalam membuat rangkaian bunga mawar adalah menggabungkan 4 atau 5 ikatan mawar menjadi sebuah rangkaian bunga mawar besar. Selanjutnya hiasi ikatan dengan pita berwarna emas untuk menambah kesan cantik dan mewah.

Nah, itulah cara membuat rangkaian bunga mawar dengan sederhana. Bagaimana menurut Anda? Cukup mudah bukan? Selamat mencoba!

ARTIKEL TERKAIT