Eksotisme Rangkaian Tropical Flower ini, Pasti Bakal Bikin Kamu Jatuh Cinta. Kuy Belajar Membuatnya

Eksotisme Rangkaian Tropical Flower ini, Pasti Bakal Bikin Kamu Jatuh Cinta. Kuy Belajar Membuatnya

Tokobungaindo.Com – Sejarah panjang merangkai bunga di dunia dibuktikan dengan ditemukannya karangan bunga dalam vas 2500 tahun sebelum masehi di mesir. Sejak saat itu, merangkai bunga sebagai bentuk seni berkembang ke berbagai penjuru dunia. Di india, bunga bunga segar akan disusun didepan rumah untuk memperingati perayaan onam yang merupakan perayaan besar di Provinsi Karnila. Hingga saat ini kebudayaan sebagai praktik tradisional ini masih berjalan.

Seni merangkai bunga yang paling terkenal adalah ikebana yang berasal dari jepang. Ikebana merupakan seni merangkai bunga yang memanfaatkan berbagai jenis  bunga dan rumput rumputan dan tanaman untuk dinikmati keindahannya. Ikebana memberikan pengaruh pada seni merangkai bunga, jika pada awalnya merangkai bunga hanya mengunakan satu jenis bunga saja impovisasi mulai terjadi, Seiring dengan perkembangan trend muncul konsep merangkaikan bunga dengan berbagai jenis bunga dan tanaman dalam satu rangkaian (dikenal dengan tropical flower).

Jika ikebana memiliki gaya rangkaian yang sederhana dan linier maka tropical flower ini sedikit berbeda. Meskipun sama sama mengabungkan beberapa jenis bunga dengan tanaman lain namun pada rangkaian tropical flower ada kesan lebih yang ditonjolkan, lebih berwarna, lebih wangi, lebih besar, dan lebih cantik tentunya. Penasaran, seperti apa rangkaian tropical flower, Eksotis, indah, full colour, amazing kan. Tertarik untuk membuatnya sendiri. Tips dan trik dibawah ini akan membantu kamu

  1. Memilih dan menyiapkan bunga

Merangkai bunga tidak membutuhkan skill khusus. Untuk menghasilkan rangkaian yang sempurna, perhatikan adalah pemilihan bunga yang tepat. Jenis bunga yang dipilih harus memiliki warna yang kontras. Jenis bunga sepatu, mawar, anggrek, dahlia, melati dan bougenville,  bunga bunga tersebut memiliki varietas warna yang beragam. Untuk kombinasi dedaunan dapat menggunakan tanaman hias dari kelompok anthurium, caladium, aglonema, kuping gajah, suplir atau paku pakuan, dan golongan sansevieria (lidah mertua). Jika diperlukan tambahkan tanaman dari family zingiber (jahe jahean) dan bunga kana untuk wewangian aromatherapinya. Selesai memilih, selanjutnya lakukan pembersihan dengan membuang bagian-bagian yang kotor. Untuk jenis tanaman bunga buang bagian daunnya. Potong bagian bawah dengan bentuk runcing. Rendam bagian bawah tanaman dengan nutrisi agar lebih segar tahan lama.

  1. Menyiapkan dan memilih vas bunga

Banyaknya jenis bunga yang dipakai membuat ukuran rangkaian tropical flower ini cukup besar jadi pilih vas bunga dengan ukuran besar. Tidak dianjurkan menggunakan vas berbahan kaca, vas bahan plastik lebih direkomendasikan karena lebih kuat dan kokoh menahan rangkaian bunga. Gunakan spons bawah sebagai dasar media rangkaian. Potong spons sesuai bentuk dan ukuran  vas yang digunakan. Bersihkan vas mengunakan air mengalir, tambahkan alkohol 70% untuk membersikan permukaan dan bagian dalam vas. Alkohol berfungsi untuk membunuh bakteri yang  nantinya bisa saja merusak rangkaian bunga.

  1. Merangkai Bunga

Rangkai lebih dulu bunga yang berukuran besar, kemudian lanjutkan dengan ukuran yang lebih kecil. Tata dengan sudut yang berbeda. Potong bagian tangkai yang terlalu panjang agar ketinggiannya sesuai. Tambahkan tanaman daun untuk mengisi bagian yang kosong.

Mudah kan? Sangat cocok melakukannya saat suasana libur, sedang santai atau waktu luang. Perpaduan warna dari rangkaian tropical flower akan memberikan nuansa sejuk, segar dan indah. Selain sebagai hiasan rangkaian ini bisa digunakan sebagai hadiah, bingkisan atau kado saat perayaan istimewa. Selamat mencoba dan selamat berimprovisasi. Semoga artikel ini dapat membantu.

ARTIKEL TERKAIT

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *