Inilah Cara Menjaga Bunga Potong Agar Tetap Segar

bunga potongSalah satu cara membuat suasana ruangan nampak lebih indah dan segar adalah dengan meletakkan hiasan yang alami dan asri, seperti meletakkan bunga potong dalam vas misalnya. Beberapa penelitian bahkan membuktikan bahwa menempatkan bunga segar dalam ruangan dapat meredakan stres, menyegarkan pikiran dan menenangkan jiwa.

Namun kebanyakan orang enggan menggunakan bunga asli karena bunga tersebut menjadi cepat layu dan mati jika tidak dirawat dengan baik. Mereka bahkan cenderung memilih menggunakan bunga plastik/artificial dalam menghias ruangan. Padahal sebenarnya bunga potong dapat tetap segar asalkan tahu cara menjaga yang benar. Bagaimana cara tepat dalam menjaganya? Simak cara menjaga bunga potong agar tetap segar berikut ini, yuk!

1. Letakkan bunga dalam air secepatnya

Untuk menjaga bunga potong agar tetap segar, setelah Anda memotongnya secara diagonal, segera letakkan bunga ke dalam vas yang berisi air. Gunakan air hangat dalam vas, karena air hangat diyakini dapat mempercepat bunga mekar bahkan menyegarkan kembali bunga yang telah layu. Hindari penggunaan air yang terlalu panas atau terlalu dingin, karena suhu air yang ekstrim justru akan merusak bunga.

2. Gunakan aspirin

Mungkin selama ini Anda hanya tahu manfaat aspirin untuk meredakan nyeri. Ternyata aspirin memiliki kegunaan lain yaitu menjaga bunga potong agar tetap segar. Caranya, hancurkan aspirin dan larutkan pada air dalam vas sebelum Anda memasukkan bunga. Aspirin akan membantu meningkatkan keasaman air sehingga memperlancar proses naiknya air ke batang. Hal inilah yang kemudian membuat bunga potong Anda lebih tahan lama.

3. Hindari sinar matahari langsung

Memang ada bunga yang justru mekar jika terkena sinar matahari, namun bunga hias umumnya tidak tahan bila terkena sinar matahari langsung. Untuk itu, letakkan bunga potong Anda pada tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung agar mencegahnya layu lebih cepat.

4. Jangan letakkan bunga berdesakan

Jika Anda ingin menjaga bunga potong agar tetap segar, hindari meletakkan bunga berdesakan dalam vas. Menempatkan bunga terlalu penuh, menyebabkan sirkulasi udara antar bunga menjadi tidak lancar. Ini yang kemudian menjadi salah satu penyebab bunga potong cepat layu dan mati.

5. Gunakan soda

Selain aspirin, ternyata soda juga dipercaya mampu menjaga bunga potong agar tetap segar. Caranya, tuangkan 1/4 cangkir soda ke dalam air di vas bunga. Larutkan hingga tercampur merata sebelum Anda memasukkan bunga potong ke dalamnya. Soda mengandung gula yang dapat membuat bunga potong tahan lebih lama.

6. Ganti air dalam vas setiap hari

Cara yang lain untuk menjaga bunga potong agar tetap segar adalah dengan mengganti air dalam vas secara rutin setiap hari. Saat mengganti air, jangan lupa untuk memotong bagian tangkai paling bawah sepanjang 1 cm. Ini disebabkan tangkai paling bawah adalah bagian yang paling cepat mengalami proses pembusukan. Memotongnya secara rutin akan mencegah pembusukan pada bunga sekaligus menjaga kesegaran bunga lebih lama.

7. Perhatikan sirkulasi udara dalam ruangan

Selain rajin mengganti air dalam vas, meletakkan bunga dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik adalah salah satu cara menjaga bunga potong agar tetap segar. Sebaiknya letakkan bunga potong di tempat terbuka yang aman dari sinar matahari daripada meletakkannya dalam ruangan ber-AC.

Bunga yang diletakkan dalam ruangan AC memiliki umur yang relatif lebih pendek. Hal ini disebabkan sirkulasi udara dalam ruangan yang kurang baik disertai kelembaban udara yang rendah.

Demikian cara menjaga bunga potong agar tetap segar, semoga bermanfaat untuk Anda.

ARTIKEL TERKAIT