Inilah Jenis Bunga Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan

Umumnya bunga digunakan untuk menghias ruangan dan menambah kesan segar, namun ternyata tersimpan manfaat bunga yang lain yaitu untuk kesehatan. Memang tidak semua jenis bunga dapat diambil manfaatnya untuk kesehatan, setidaknya beberapa jenis berikut ini menyimpan kandungan yang luar biasa untuk membantu meredakan berbagai masalah dalam tubuh kita.

Jenis-jenis bunga apakah itu? Berikut ini adalah beberapa jenis bunga yang berkhasiat untuk kesehatan.

  1. Bunga Chrysanthemum / bunga seruni

Bunga ChrysanthemumBunga krisan cukup populer di negara-negara seperti Jepang dan Korea, karena disana bunga dijadikan sebuah hidangan. Bahkan di Jepang, bunga krisan ini diolah menjadi makanan dengan campuran tepung tempura dan digoreng. Sedangkan di Korea, bunga mentah biasa dicampurkan dalam makanan untuk dikonsumsi secara langsung.

Khasiat bunga ini adalah memperlancar proses pencernaan termasuk sistem pembuangannya. Selain itu juga membantu mencegah terjadinya gangguan pada usus kita. Nah, bagi Anda yang sering mengalami gangguan pada proses pencernaan, jika Anda mau, cobalah mengkonsumsi bunga Chrysanthemum ini. Efek pengobatan secara alami memang tidak bisa langsung dirasakan hasilnya, tetapi dengan melakukannya secara rutin, dampak positif bagi tubuh akan terasa dalam jangka panjang.

  1. Bunga Frambozen / bunga rosella

Bunga FrambozenDulunya bunga frambozen atau rosella digunakan sebagai bahan pembuat sirup yang beraroma khas. Saat ini, bunga rosella dikenal sebagai bahan pembuat minuman teh yang dinamakan teh rosella. Kelopak bunga rosella berwarna merah tua, tebal dan berair. Bahkan semakin pekat warna kelopaknya, semakin asam juga rasanya sekaligus semakin tinggi khasiatnya untuk kesehatan.

Bunga rosella memiliki kadar anti oksidan tinggi. Sebagai salah satu bunga yang berkhasiat untuk kesehatan, bunga rosella mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti kerusakan ginjal, diabetes, jantung koroner hingga kanker.

  1. Bunga mawar

Bunga MawarTernyata bunga mawar yang cantik ini memiliki kandungan vitamin C yang tidak kalah tingginya dengan buah jeruk. Sebab itu, kelopak mawar (petal) biasa diolah menjadi selai, sirup atau campuran olahan makanan yang lain. Sari mawar juga digunakan untuk pembuatan anggur, saus salad, penambah rasa serta pewarna adonan kue dan pudding.

Khasiat bunga mawar untuk kesehatan adalah sebagai anti radang, melancarkan aliran empedu dan anti kejang. Selain itu, untuk Anda para wanita yang mengalami siklus haid tidak teratur, bunga mawar ternyata juga berfungsi untuk mengatur siklus haid Anda.

  1. Bunga tulip

bunga tulip murahBunga tulip diambil umbinya untuk dimasak. Karena rasanya pahit, jadi harus lebih berhati-hati dan menggunakan cara tertentu dalam mengolahnya. Umbi tulip biasanya digunakan sebagai pengganti bawang merah atau campuran sup.

Sebagai salah satu bunga yang berkhasiat untuk kesehatan, bunga tulip dapat digunakan untuk mencegah anemia, mengatur tekanan darah, mengatasi gangguan sirkulasi darah, mengatasi sakit punggung dan mencegah parasit dalam darah. Bunga tulip juga diyakini mampu mencegah terjadinya kanker darah.

  1. Bunga lavender

bunga lavenderBunga yang berwarna ungu ini dapat digunakan sebagai bahan pembuat permen dan penghilang bau anyir pada daging atau ikan. Sebatang lavender umumnya berisi sekelompok bunga dengan aroma yang menyengat.

Bunga lavender diambil sarinya untuk dijadikan minyak lavender yang sering dipakai sebagai aromaterapi untuk meredakan sakit kepala dan memberikan efek relaksasi.

Demikian beberapa jenis bunga yang berkhasiat untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

ARTIKEL TERKAIT