rangkaian bunga jakarta selatan

Trik Yang Perlu Anda Ketahui Saat Merangkai Bunga

Kegiatan merangkai bunga memerlukan keterampilan dalam menciptakan estetika. Karena, meskipun setiap tangkai bunga terlihat indah, perlu adanya pengaturan yang tepat saat menggabungkannnya agar rangkaian bunga tampak menarik.  Bagi anda yang gemar merangkai bunga, simaklah beberapa trik berikut yang dapat mempercantik tampilan bunga maupun mempermudah proses merangkainya.

  1. Memanfaatkan Ranting Pohon

    Saat merangkai bunga, umumnya material yang dijadikan sebagai penyangga adalah styrofoam, kerikil-kerikil atau kelereng berwarna-warni. Selain material tersebut, anda dapat memanfaatkan ranting-ranting pohon untuk menyangga rangkaian bunga. Ranting pepohonan dapat dengan mudah ditemukan disekitar anda, terutama jika anda memiliki halaman rumah dengan pepohonan rindang. Pilihlah ranting-ranting yang cukup lentur sehingga dapat dibentuk sebagai penyangga  rangkaian bunga. Dengan menggunakan ranting pohon, rangkaian bunga akan tampil lebih hidup dan alami

  1. Mengubah tampilan tulip

    Bunga tulip memiliki tampilan yang sederhana namun anggun. Bentuk kuncupnya menjadi ciri khas bunga yang menjadi ikon Negara kincir angin tersebut. Untuk membuat bunga terlihat unik, ubahlah tampilan tulip dengan cara membuka kelopaknya. Letakkan jari jempol anda pada kelopak bunga kemudian tekuk dengan halus menggunakan telunjuk.

  1. Selotip sebagai penyangga

    Jika anda akan merangkai bunga dalam sebuah wadah yang cukup lebar, tangkai-tangkai bunga akan lebih mudah bergeser posisinya. Untuk menyiasati hal tersebut, manfaatkan selotip sebagai penahan tangkai bunga. Caranya, posisikan selotip hingga membentuk jaring-jaring persegi dan letakkanlah bunga di setiap rongga jarring tersebut. Dengan begitu, anda akan lebih mudah mengatur posisi bunga sesuai keinginan.

  1. Lilitkan daun pada tangkai bunga

    Rangkaian buket bunga biasanya dibungkus dengan kertas atau plastik pembungkus. Jika anda ingin mencoba tampilan yang berbeda, gunakanlah daun sebagai pembungkus buket bunga. Pilih daun yang berukuran lebar dan cukup panjang seperti daun bunga bakung. Lilitkan daun hingga membungkus bagian tangkai bunga. Cara ini akan lebih cocok diterapkan pada bentuk buket yang bundar. Anda juga bisa melilitkan daun pada vas bunga yang berbentuk silinder.

  1. Merangkai bunga secara vertikal

    Berikan sentuhan pada pesta anda dengan menambahkan rangkaian bunga vertikal. Caranya pun tidak sulit, pertama-tama siapkan jenis bunga pilihan anda beserta peralatan untuk merangkai bunga termasuk kawat. Mulailah membuat rangkaian bunga menjadi ikatan-ikatan kecil, banyaknya rangkaian bunga yang kecil ini tergantung dari seberapa panjangkah hasil akhir rangkaian vertikal yang anda inginkan. Jika dirasa sudah cukup, mulailah menggabungkan rangkaian kecil bunga menjadi satu kesatuan dengan cara memposisikan satu rangkaian dibawah rangkaian bunga lainnya hingga memanjang. Ikat tangkainya hingga menutupi tangkai lainnya, lanjutkan hingga seluruh rangkaian kecil telah habis.

  1. Pergunakan bunga kering

    Daripada berusaha membuat bunga tetap segar, anda perlu mencoba menggunakan bunga-bunga kering menjadi sebuah rangkaian bunga yang cantik. Untuk mengeringkan bunga dengan benar, gantunglah tiap-tiap tangkai bunga pada sebuah tali. Berikan jarak yang cukup antara tangkai yang satu dengan yang lainnya agar tidak bersentuhan dan merusak bentuk asli bunga. Posisi bunga saat digantung adalah terbalik, jadi kuncup bunga menghadap bawah sementara ujung tangkai diikat pada tali. Bunga-bunga tersebut biarkan dijemur selama 3 sampai 4 minggu lamanya, pastikan untuk tidak terkena cahaya matahari langsung. Jika telah kering, anda bisa memulai merangkainya sebagaimana membuat rangkaian bunga segar seperti biasanya.

ARTIKEL TERKAIT

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *