Wow, Ajaib! Kamu Bisa Membuat Bunga Kering Dalam Hitungan Detik

rangkaian bunga keringMicrofleur adalah alat press bunga inovatif yang digunakan dalam microwave. Metode tradisional dalam teknik press bunga biasanya membutuhkan beberapa minggu. Bila menggunakan Microfleur, proses press bunga hanya membutuhkan hitungan detik atau beberapa menit, tergantung pada bunga dan kekuatan oven. Membandingkan microwave dengan metode tradisional, Microfleur memiliki hasil warna yang lebih baik. Bunga press digunakan dalam berbagai macam kerajinan, termasuk kartu ucapan, gambar, pembatas buku, undangan, dan untuk dekorasi pada menu, lilin, sabun, dan lain – lain.

Microfleur flower press kitMicrofleur merupakan hal baru dalam industri seni dan kerajinan. Microfleur mampu digunakan sampai pembakaran microwave mencapai  daya 500 sampai 1000 W. Kelebihan utamanya yaitu, sedikitnya waktu yang diperlukan untuk pengeringan. Microfleur tersedia dalam 2 ukuran: Regular 14 x 14 cm dan 23 x 23 MAX cm. Komponen alat ini terbuat dari plastik tahan panas yang terdiri dua bagian, dan bagian dalamnya adalah 2 (dua) lembar lapisan bantalan dan kertas kapas.

Cara memakai microfleur tidaklah sulit. Ambil beberapa bunga dan daun, potong kelopak bunga  pada tangkai dengan gunting. Ambil plastik bagian pertama, letakkan bagian yang halus menghadap ke atas. Letakkan lapisan bantalan dan kertas kapas di atasnya. Taruh bunga dan dan daun di atasnya. Pastikan mereka tidak bersentuhan satu sama lain dan tidak keluar dari batasan bantalan. Tutup bunga dengan kertas kapas lalu tindih dengan lapisan bantalan yang lain dan tutup dengan bagian plastik yang kedua. Setelah menjepit kedua lapisan menjadi satu, microfleur dapat di masukkan ke dalam microwave untuk di oven. Waktu pengeringan dapat bervariasi, tergantung pada daya microwave dan dimensi bunga.

Agar proses pengeringan bunga berjalan dengan baik, lebih baik  pembakaran dibagi menjadi pembakaran dibagi menjadi dua bagian. Pengeringan pertama dimulai selama 30 detik dengan pembakaran daya 750 W. Pembakaran selanjurnya harus lebih singkat, 10/15 detik maksimum. Setelah selesai, bersihkan seluruh uap air yang ada di microfleur dengan tisu / kain halus.

Setelah pengeringan, keluarkan bunga dan daun dari lapisan bantalan tersebut. Angkat dengan hati –  hati agar tidak robek. Gunakan penjepit kecil untuk mengambil bunga kering itu dan tempatkan dalam sebuah kotak. Simpan dengan rapi agar bisa digunakan setiap waktu.

Tidak setiap bunga dapat di press dengan microfleur. Bunga dengan kelopak besar dapat kita keringkan dengan cara lain, yaitu dengan silica gel. Silica gel adalah pengering yang menyerap kelembaban di sekitarnya. Hal ini digunakan untuk menciptakan bunga kering karena mempercepat proses pengeringan. Kamu bisa mengeringkan bunga dengan silica gel selama beberapa hari tanpa pemanasan.

Apabila bunga ingin dikeringkan dengan cepat tetapi menggunakan silica gel, kamu dapat meng-ovennya seperti penggunaan pada microfleur. Tetapi jangan lupa melapisi bunga yang ada dalam silica gel dengan tisu agar bulatan silica gel tidak berbekas pada kelopak.